July 31, 2021

5 Camilan Medan Yang Sangat Menggoda Selera Karena Kelezatannya

generic-propecia – Keistimewaan Kota Medan memang memiliki sejuta pesona, khususnya dalam masakannya. Tak heran jika masyarakat Medan akan selalu merindukan kelezatan khas Medan ini.

5 Camilan Medan Yang Sangat Menggoda Selera Karena Kelezatannya

Tahukah Anda, camilan khas yang enak ini akan membuat Anda membatalkan pola makan. Alasannya adalah agar Anda tidak menolak untuk memakannya. Berikut beberapa jajanan enak di Medan yang wajib kamu coba.

1. Lemang

Lemang merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Medan. Makanan ini dibuat oleh suku melayu. Lemang sendiri terbuat dari beras ketan.Bambu digunakan untuk mencampurkan beras ketan dengan santan selama proses pemasakan.

Lemang bisa langsung dimakan, atau bisa juga dipasangkan dengan saus atau selai yang terbuat dari durian yang juga merupakan buah khas Sumatera Utara.

Rasa lemang original tidak menambah rasa asin apapun, karena pada beras ketan terdapat santan, bahkan sedikit garam dapat ditambahkan selama proses pemasakan agar rasa lemang semakin gurih.

2. Lappet

Lappet, kue tradisional Batak yang berasal dari daerah Tapanuli Sumatera Utara ini terbuat dari campuran tepung beras atau tepung ketan, kelapa parut dan gula aren. Kue tersebut akan dibungkus dengan daun pisang dan dibentuk seperti limas. Kemudian, melalui pengukusan.

Lappet yang terkenal itu berasal dari siborong-borong, namun jika ingin membelinya di daerah Medan juga tak kalah enaknya. Kue biasanya diminum panas dengan teh manis atau kopi.

3. Ombus-ombus

Ombus-ombus tersebut juga merupakan kue tradisional Batak dari daerah Siborong-borong. Potongan kue ini hampir sama dengan lappet, dikukus dengan cara yang sama, semuanya dikukus.

Perbedaan dari lappet adalah kue ini terbuat dari campuran tepung beras dan gula merah. Untuk mendapatkan hasil akhir, bentuknya bulat dan tidak dibungkus dengan daun pisang seperti lappet.

Ombus-ombus sendiri berasal dari bahasa Batak yang artinya “embus”, karena Ombus-ombus dalam keadaan bersuhu tinggi dan harus dihembuskan sebelum dimakan.

4. Pohul-pohul

Jika ini hanya kepalan yang digunakan untuk membentuk kue, maka dari itu nama kuenya adalah pohul-pohul yang artinya “kepalan”.

Masih terbuat dari tepung beras, kelapa parut dan gula merah. Campur ketiga bahan ini menjadi satu dan tambahkan sedikit air rebusan.

Dalam adat Batak, kue ini memiliki dua arti yaitu yang pertama karena kue dibuat dengan kepalan yang kuat menggambarkan hasil dari diskusi yang serius (marhusip).

Makna kedua adalah tanda lima jari pada permukaan kue pohul-pohul yang melambangkan jabat tangan yang merupakan tanda kesepakatan dan lima periode penting budaya Batak (hatihasilima).

5. Putu Bambu Medan

Kue putu bambu ini mudah ditemukan dimana saja. Kue putu terbuat dari tepung beras dan adonan kelapa yang diisi gula merah, kemudian dikukus dengan irisan bambu. Uap yang dihasilkan oleh keripik bambu ini akan mengeluarkan suara yang unik dan memancarkan aroma putu bambu.

Kemudian, putu bambu tersebut dimasak dan ditaburi parutan kelapa dan gula pasir. Banyak orang yang bingung membedakan kue putu di medan dan kue putu di jawa. Bedanya, kue putu di Medan berwarna putih, sedangkan kue putu di jawa berwarna hijau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *