July 31, 2021

5 Fakta Menarik Tentang Dawet Sambal Khas Kulon Progo

5 Fakta Menarik Tentang Dawet Sambal Khas Kulon Progo  – Dawet terbuat dari bihun dan biasanya merupakan minuman yang manis dan menyegarkan. Pernahkah Anda mengira dawet adalah makanan yang gurih dan pedas?.

5 Fakta Menarik Tentang Dawet Sambal Khas Kulon Progo

Tepatnya di Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta, ada dawet yang bisa kamu nikmati dengan sambal lho! Dawet ini dikemas sebagai camilan. Wah, gimana bisa simak lima fakta berikut ini!

1. Kecambah menjadi tonik untuk dawet sambal

Sambal dawet tidak hanya ditemani sambal, tapi juga dengan topping yang beragam. Bisa berupa tauge tahu, tauge, dan irisan kubis. Apapun jenisnya, tauge sama persis dengan sambal dawet.

2. Gunakan daging kelapa untuk membuat sambal

Sambal kuliner ini dibuat dari bahan khusus yaitu daging kelapa goreng kering dan cabai. Bisa dibayangkan kombinasi sambal asin dan pedas ini? Belum lagi aromanya yang harum, yang menambah nafsu makan para penonton!

3. Ide selai kacang lambat laun menjadi pelengkap sambal

Bukan hanya sambal yang terbuat dari daging kelapa. Lambat laun, para penjual asyik menjual sambal dawet yang dibuat dengan selai kacang. Padahal, sambal dawet dengan selai kacang marak bermunculan di Kulon Progo. Oleh karena itu, sambal dawet disebut juga dengan dawet pecel.

4. Ada beberapa versi saus sambal yang bisa dimakan

Di Kulon Progo ada sambal dawet yang hanya bisa dijadikan topping dan sambal. Ada versi lain di mana sambal dawet juga dibersihkan dengan legenda. Legen sendiri merupakan sejenis sari buah kelapa.

5. Saus sambal muncul di saran pembeli

Dawet sambal pertama kali diperkenalkan oleh warga Desa Jatimulyo, atas saran pembeli. bagaimana bisa? Nenek moyang desa ini menyebutnya simbah dan menjual dawet dan pecel dalam pertunjukan panggung.

Seorang pembeli menyarankan agar Simbah mencoba mencampurkan dawet dengan pecel. Simbah sangat penasaran, mencobanya, dan mendapat review bagus dari pelanggan, karena banyak orang yang menyukai sambal dawet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *