July 31, 2021

5 Kuliner Khas Dari Padang Lawas Yang Wajib Dicoba

5 Kuliner Khas Dari Padang Lawas Yang Wajib Dicoba – Padang Lawas masih terdengar asing karena merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Utara dan pusat pemerintahannya ada di Sibuwan. Bahkan di area yang kecil, banyak hal yang indah dan menakjubkan untuk dieksplorasi di area tersebut, salah satunya adalah memasak.

5 Kuliner Khas Dari Padang Lawas Yang Wajib Dicoba

Lantas, seperti apa kelezatan kuliner khas Padang Lawas yang bisa menggugah selera makan ini? Yuk, simak ulasan di bawah ini.

1. Gulai ikan mas

Masakan khas Padang Lawas yang pertama adalah gulai ikan mas. Kelezatan ini tidak hanya disukai oleh penduduk setempat, tetapi juga disukai oleh wisatawan dari berbagai daerah, karena tekstur ikannya yang sangat lembut, manis dan gurih.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat masakan ini antara lain ikan mas, santan, kunyit, daun salam, asam jawa, buah jeruk, cabai, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe dan lengkuas.

2. Gulai ikan sale

Hidangan gulai ikan khas Padang Lawas selanjutnya adalah gulai ikan sale. Penampilannya tidak jauh berbeda dengan gulai kari lainnya. Jenis ikan yang dimasak ini memiliki tekstur yang lembut, rasa asin dan pedas. Tak heran, banyak orang yang menjadikan gulai ikan sebagai makanan terfavorit.

3. Ikan merah

Hidangan lain yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Padang Lawas adalah ikan merah. Kelezatan kuliner ini terbuat dari ikan yang dicampur bumbu merah pada sambal dengan sambal asam. Rasa kuahnya sangat segar, sama seperti saat disantap. Ikan merah paling enak disajikan dengan nasi yang hangat.

4. Udang goreng madu

Selain ikan, kuliner khas yang dimasak berupa olahan seafood di Padang Lawas adalah udang goreng madu. Pertama, udang yang sudah dibersihkan harus digoreng hingga teksturnya menjadi renyah. Lalu, lapisi udang goreng dengan madu.

5. Gulai bulung gadung

Gule bulung gadung adalah masakan khas Padang Lawas, terbuat dari daun singkong, santan, rimbang, kecombrang, cabai, bawang merah, bawang putih, garam, serai dan lengkuas. Kemudian goreng bahan-bahan tersebut hingga matang.

Kalau disantap dengan nasi hangat, gurihnya gule bulung gadung yang paling enak. dijamin siapa pun tidak sabar untuk mencicipinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *