October 26, 2021

5 Kuliner Khas Tebing Tinggi Yang Dijamin Bikin Kalian Ketagihan

generic-propecia – Tebing Tinggi adalah sebuah kota yang terletak di provinsi Sumatera Utara. Berbeda dengan namanya, sebagian besar wilayah Tebing Tinggi merupakan dataran rendah.

5 Kuliner Khas Tebing Tinggi Yang Dijamin Bikin Kalian Ketagihan

Layaknya kota-kota lain di Pulau Sumatera, Tebing Tinggi juga memiliki kuliner khas yang beragam, dan rasanya yang enak bisa menggugah selera makan.

Apa sajian asli Tebing Tinggi? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Mie rebus soponyono

Kedengarannya unik, soponyono dalam bahasa Jawa berarti “Siapa Sangka”. Khusus untuk sajian ini, mienya tidak terlalu matang sehingga rasanya tidak rapuh.

Biasanya mie sopoonyono yang dimasak berisi mie kuning, tauge, selada, ketimun, kentang rebus, tahu goreng kubus, seledri, telur dan kerupuk.

2. Halua

Nama makanan khas Tebing Tinggi ini diambil dari bahasa Arab yang artinya manisan. Halua mengandung buah-buahan yang difermentasi dengan gula, yang disimpan sampai dimaniskan. Buah-buahan tersebut antara lain pepaya, wortel, kolang kaling, labu kuning dan merica.

Halua banyak ditemukan saat Idul Fitri datang.

3. Lemang batok

Lemang, juga dikenal sebagai lomang atau lamang, sebenarnya mengacu pada cara menggunakan bambu untuk menanak nasi menjadi nasi. Dengan berjalannya waktu, masyarakat di Tebing Tinggi lemang juga terbiasa menamai beras ketan atau beras dengan cara yang sama.

Pertama, masukkan beras ketan dan santan ke dalam bambu yang telah ditambahkan daun pisang dan santan. Kemudian bambu dibakar khusus dengan api, kemudian arang pada batok kelapa digunakan untuk menyalakannya. Inilah mengapa hidangan ini disebut lemang batok.

4. Kue kacang rajawali

Jika dicermati, tampilan masakan khas Tebing Tinggi sekilas mirip Bakpia Yogyakarta. Hanya saja kue buncis memiliki tekstur yang lebih kental dan ditaburi biji wijen.

Tak hanya warga lokal, kue buncis juga populer di kalangan wisatawan dari daerah lain. Bahkan banyak orang yang membeli kue ini sebagai oleh-oleh.

5. Jus terong belanda

Usai menyantap aneka kuliner khas Tebing Tinggi, saatnya menyegarkan tenggorokan dengan jus tomat. Dibandingkan dengan buah-buahan lainnya, terong belanda memiliki kadar air yang tinggi.

Minum jus ini tidak hanya menyegarkan, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan manusia karena mengandung beragam vitamin.

Oleh karena itu, berikut kuliner khas Tebing Tinggi yang unik dan enak yang sayang untuk dilewatkan. Apa kamu punya favorit?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *