October 22, 2021

5 Kuliner Lezat Nusantara Yang Dominan Dengan Olahan Ikan Laut

5 Kuliner Lezat Nusantara Yang Dominan Dengan Olahan Ikan Laut – Pernahkah Anda menikmati lezatnya pindang patin, mangut lele, atau gabus pucung? Semua hidangan lokal yang lezat ini adalah hidangan khas Indonesia yang terbuat dari ikan air tawar.

5 Kuliner Lezat Nusantara Yang Dominan Dengan Olahan Ikan Laut

Sebagai negara kepulauan, Indonesia juga memiliki keanekaragaman kuliner yang berbahan dasar ikan laut. Apakah berikut ini makanan favorit Anda? Mari kita lihat salah satu dari lima saran ini!

1. Ikan tude bakar

Selain pampis cakalang, ada lagi sajian seafood khas Manado yang patut untuk dicoba yaitu ikan tu bakar. Masakan ini menggunakan ikan tenggiri bakar, yang kemudian dikeringkan dengan sambal saat dimasak. Bumbu pembakarannya hanya mengandung air garam, ditambah air jeruk nipis atau lemon.

2. Sup ikan batam

Seperti namanya, sop ikan yang enak ini berasal dari sebuah daerah di Kepulauan Riau yaitu Batam. Jenis kuah bening ini, jenis kuah ikan ini bergantung pada kenikmatan ikan air tawar dan ikan air tawar lainnya. Sup ikan batam yang asin, asam dan sedikit pedas bisa dipadukan dengan kemangi atau selada untuk menambah cita rasanya.

3. Sup gangan

Sup gangan adalah sajian kuliner yang identik dengan ikan laut asal Belitung. Di pulau dengan sejuta keindahan, ikan laut ini diolah dengan kuah berwarna kuning. Campuran bumbu tersebut mengandung kunyit yang menetralkan aroma dan rasa ikan. Irisan belimbing memberi rasa asam pada sup gangan.

4. Gohu ikan

Di Indonesia bagian timur, ikan Gohu sangat populer. Bisa dibilang ini sashimi khas Indonesia. Meski bisa ditaburi kacang dan bisa dibuat dengan aneka ikan laut sesuai pilihan Anda, Anda tetap bisa memasukkan sashimi mentah di dalamnya.

Bawang merah, paprika dan garam merupakan deretan bumbu masakan dari ikan wuhu. Untuk menambah aromanya, kecap ikan dimakan dengan air jeruk nipis.

5. Ikan kuah pala banda

Kuah pala banda memiliki tekstur yang sangat kental karena mencampurkan santan dengan berbagai bumbu seperti lengkuas, ketumbar, jahe, pala dan kunyit. Selain rasa asin dan bumbu yang benar-benar bisa dicicipi di lidah, ikan dalam sambal pala juga memiliki rasa yang pedas. Pantas saja siapapun yang menyukainya ingin terus nambah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *