April 11, 2021

5 Minuman Unik Khas

5 Minuman Unik Khas  – Indonesia kondang dengan keanekaragaman budaya, seni, bahasa daerah, hingga cita rasa kulinernya.

Kuliner jadi salah satu yang diburu wisatawan kala sedang menyusuri indahnya panorama alam atau uniknya ragam budaya lokal #DiIndonesiaAja. Mulai berasal dari kuliner legendaris khas Yogya, makanan tradisional di Bali,Taruhan Bola hingga makanan kaki lima yang mampu ditemukan di nyaris semua kota dengan keunikannya masing-masing.

Selain banyak makanan khas daerah yang mampu dieksplorasi, terkandung termasuk ragam minuman unik khas Indonesia yang menarik untuk dicoba.

Berikut ini adalah lebih dari satu minuman unik khas Indonesia yang harus Anda coba, walau hanya sekali.

1. Kopi Joss dan Kopi Luwak

Bila anda penikmat kopi, kedua kopi unik khas Indonesia Ini merupakan dua minuman yang harus Anda coba. Terkenal hingga ke mancanegara, kopi luwak adalah salah satu tipe minuman eksklusif yang unik sebab biji kopinya yang udah ‘diproses’ oleh proses pencernaan luwak. Oleh sebab itu, kopi ini memiliki cita rasa yang unik dan aromatik.

Selain rasanya yang unik, kopi luwak termasuk memiliki ciri khas persentase kafein lebih rendah. Kopi luwak memiliki rasa berbeda. Sebagai contoh, kopi luwak arabica memiliki cita rasa lebih fruity, saat kopi luwak robusta memiliki rasa mint.

Berbeda dengan kopi luwak yang jadi unik sebab proses pembuatannya, kopi joss merupakan kopi hitam yang memiliki proses penyajian khas. Berasal berasal dari biji kopi tradisional yang disangrai dan ditumbuk halus, kopi ini bakal di sajikan dengan air panas yang dimasak di atas arang.

Uniknya, arang yang membara bakal diketuk-ketuk untuk menyingkirkan abunya dan dimasukan ke di dalam kopi! Karena cara penyajian yang unik inilah kebanyakan kopi bakal meletup-letup dan membuahkan bunyi yang kemudian jadi asal muasal namanya.

2. Sekoteng dan Wedang Ronde

Sekoteng dan wedang ronde kerap diakui sama. Meskipun keduanya memiliki kuah yang berasal berasal dari air jahe dan gula, sekoteng maupun wedang ronde memiliki ciri khas isian masing-masing.

Sekoteng yang merupakan minuman hangat khas Jawa Tengah ini terhadap kebanyakan ditambah dengan kacang hijau, pacar cina, potongan roti tawar, dan juga potongan kacang tanah yang udah disangrai. Bahkan, ada termasuk lebih dari satu penjaja sekoteng yang mengimbuhkan kuit jeruk untuk mengimbuhkan ciri khas rasa getir yang unik, lho.

Sementara, wedang ronde merupakan hasil adaptasi berasal dari hidangan Tiongkok, tangyuan, yang memiliki cara penyajian tidak serupa dan lebih beragam.

Wedang ronde di Indonesia mampu dikenali dengan adanya bulatan ronde yang terbuat berasal dari ketan dengan isian kacang. Pada umumnya, wedang ronde termasuk ditambah dengan potongan roti dan angsle, dan lebih nikmat jikalau disantap saat cuaca dingin.

3. Bir Pletok

Bir pletok merupakan wujud adaptasi minuman penduduk Betawi sejak zaman kolonialisme Belanda. Meskipun menggunakan nama bir, sesungguhnya bir pletok bukan minuman beralkohol.

Minuman tradisional Jakarta ini dibuat berasal dari lebih dari satu bahan seperti jahe, kapulaga, serai, kayu manis, dan kayu secang. Minuman hangat ini dinamai bir pletok sebab proses pembuatannya yang unik, dan juga pembawaan minuman ini yang menghangatkan tubuh serupa seperti minuman beralkohol dan wine yang jadi budaya orang Belanda terhadap zaman kolonial.

Pada proses pembuatan bir pletok, campuran bahan yang udah nampak sarinya bakal dimasukkan ke di dalam tabung bambu dan diisi es batu. Kemudian, bambu bakal dikocok selama 1-2 menit dan mengeluarkan nada “pletak-pletok.” Proses selanjutnya yang mengakibatkan minuman hangat ini dinamai bir pletok.

Bila menghendaki mencoba minuman ini, Anda mampu menemuinya terhadap lebih dari satu acara tertentu, seperti acara pernikahan tradisional, acara budaya, atau dengan berkunjung ke Setu Babakan, Jakarta Selatan, yang merupakan pusat perkampungan budaya Betawi.

4. Es Legen atau Siwalan

Es legen merupakan minuman khas berasal dari Kabupaten Tuban yang kebanyakan nampak terhadap saat bulan Ramadan. Legen merupakan buah pohon lontar atau kerap disebut siwalan, yang tumbuh di daerah kering.

Nama legen berasal berasal dari bahasa jawa “legi” yang bermakna “manis.” Untuk mengakibatkan minuman ini, buahnya diambil alih berasal dari pohon lontar. Biasanya, sulur bunga pohon lontar bakal dipotong sedikit demi sedikit untuk disadap getahnya dan ditampung di wadah bambu. Nah, proses penyadapan inilah yang bakal membuahkan minuman manis yang jadi favorit banyak orang di Indonesia ini.

Meskipun sama dengan bulan Ramadan, minuman ini tetap mampu ditemukan terhadap hari-hari biasa di Tuban, Jawa Timur. Saking populernya, lebih-lebih ada termasuk lebih dari satu warung masakan yang menjajakan es legen di penjuru Pulau Jawa, Madura, Bali, hingga Kepulauan Nusa Tenggara.

5. Es Cendol atau Es Dawet

Dikenal termasuk dengan nama es dawet, minuman pelepas dahaga yang dibuat berasal dari tepung beras ini merupakan salah satu minuman khas Indonesia. Meskipun sempat jadi percakapan tentang asal muasal es cendol, nyatanya minuman ini selamanya diminati banyak orang dan mampu ditemukan di lebih dari satu daerah di Pulau Jawa.

Meskipun mirip, sesungguhnya ada lebih dari satu tipe cendol yang mampu Anda temukan di beraneka kota di Pulau Jawa dengan keunikan dan nama khasnya masing-masing. Contoh, es cendol Bandung kebanyakan dibuat berasal dari tepung beras dan di sajikan dengan potongan buah nangka, dan juga sirup gula merah. Sementara, di Banjarnegara minuman ini dikenal dengan nama es dawet ayu dan kebanyakan di sajikan dengan tambahan es batu.

Buat Anda yang lebih menyukai tekstur kenyal, es dawet jepara adalah pilihan yang paling sesuai. Dawet ini terbuat berasal dari tepung sagu aren. Jadi, walau penampilannya sama, rasanya bakal sedikit berbeda.

Es dawet ireng berasal dari Purworejo termasuk mampu jadi opsi unik lainnya. Berbeda dengan es cendol lainnya, dawet ini memiliki warna hitam yang berasal berasal dari abu jerami sebagai tambahannya.

Selain minuman-minuman yang udah disebutkan di atas, pastinya tetap banyak sekali minuman tradisional Indonesia lainnya. Setiap minuman memiliki ciri khasnya masing-masing dan mampu dinikmati dengan beraneka pilihan kuliner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *