September 25, 2020

9 Santapan Khas Padang Terpopuler

Padang ialah bunda kota Provinsi Sumatera Barat dengan masyarakat asli dari kaum minang kabau. Perihal yang awal diketahui bila mengikuti tutur“ Padang” merupakan masakannya. Pedas serta berbumbu kental ialah karakteristik khas dari makanan padang. Bahan penting yang kerap dipakai merupakan cabe. Bumbu lain yang pula kerap dipakai ialah jahe, kunyit, serai, daun sitrus, serta daun kunyit. Tidak hanya itu, santan pula jadi materi makanan yang sangat kerap dipakai dalam makanan padang. Konsumsi bahan yang banyak pada makanan padang dipengaruhi oleh kuliner India- Arab yang pula banyak memakai bahan dala sajiannya. Daging jawi, ayam, ikan abang, daun ketela pohon, kubis, kacang jauh serta terong ialah materi pangan penting yang terdapat di dapur Padang . Selanjutnya ini dihidangkan 9 Santapan Khas Padang Terpopuler:

1. Sate padang

Sate padang jadi salah satu santapan khas yang amat disukai banyak orang. Umumnya sate dibuat dari daging ayam serta daging kambing, tetapi sate padang dibuat dari daging jawi, dalaman serta lidah jawi. Setelah itu, perbandingan lain dari sate padang dengan sate lainya merupakan kuahnya. Bila mayoritas sate memakai kuah dari kacang serta gula, sate padang memakai kuah kuning yang pekat serta gurih6).

2. Rendang

rendang padang

Rendang ialah santapan dengan materi penting daging jawi serta bersantan pekat. Tidak cuma orang Indonesia yang menggemari santapan ini, orang luar negara pula banyak yang menyukainya. Tidak salah bila rendang sempat dinobatkan oleh CNNGo bagaikan salah satu santapan terlezat di bumi. Santapan satu ini amat disukai sebab rasa bumbunya yang khas serta enak. Asal ide rendang berasal dari adat- istiadat orang minang yang senang merantau

ataupun berbisnis di ekspedisi yang banyak menyantap durasi. Setelah itu rendang kerap dijadikan bekal sebab santapan ini dapat dikonsumsi dengan apa saja serta tidak gampang basi6).

3. Daging kering balado

Daging kering balado pula berbahan dasar daging jawi. Bila rendang umumnya dagingnya dipotong, jika daging kering balado dagingnya diiris pipih cocok serat. Setelah itu dagingnya diungkep dengan bermacam berbagai bahan kemudian dagingnya dipukul- pukul sampai bedan. Sehabis itu, terbuat bahan balado dengan cabe yang diulek agresif. Bila mau lebih kuat lama, umumnya dagingnya dikeringkan terlebih dahulu3).

4. Ayam pop

Banyak sekali olahan daging ayam yang kerap kita temui, salah satunya merupakan ayam pop. Materi khas yang dipakai dalam pembuatan ayam pop merupakan air kelapa. Sehabis daging ayam dilumuri dengan bahan yang dihaluskan, setelah itu direbus memakai air kelapa serta rempah lain semacam daun damai, daun sitrus, jahe, serai serta lengkuas hingga benyek serta digoreng sesaat dalam minyak panas. Bagaikan pelengkapnya merupakan sambal yang dibuat dari cabe, tomat, bawang merah dan ditambahkan petai supaya lebih nikmat5).

5. Lamang tapai

Lamang tapai jadi salah satu kemilan yang digemari banyak orang. Lamang dibuat dari beras ketan putih yang yang dicampur santan, daun pandan, sedikit garam serta dimasak dalam bambu belia. Tapai ialah tape beras ketan gelap yang difermentasi dengan fermen. Kombinasi antara lamang yang rasanya enak dan tapai yang manis membuat santapan ini amat menggugah selera1).

6. Keripik sanjai

Salah satu santapan enteng khas dari Sumatera Barat merupakan keripik sanjai. Keripik ini dibuat dari ketela pohon yang diiris tipis- tipis. Setelah itu keripik diberi bumbu- bumbu serta garam. Tipe keripik sanjai yang terkenal merupakan keripik sanjai balado. Keripik yang telah digoreng digabungkan dengan cara menyeluruh dengan sambal yang dibuat dari cabe, gula pasir, bawang putih serta asam makan.

7. Asam padeh daging

asam padeh daging khas padang

Makanan ini tidak memakai santan semacam rendang serta gulai. Rasanya lebih fresh serta enak dengan kombinasi bermacam berbagai bumbu semacam cabe merah besar, cabe rawit merah, bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, tomat, asam kandis, lengkuas, serai, daun sitrus purut, daun kunyit serta garam. Materi kuncinya merupakan daging. Dapat pula ditukar dengan ikan serta ditambahkan kentang. Rasa asam diperoleh dari tomat serta asam kandis4).

8. Terong lado hijau

Terong lado hijau umumnya dicampur dengan ikan payau jambal roti serta petai supaya lebih nikmat. Bahan yang dipakai semacam cabe hijau besar, bawang merah, bawang putih serta asam kandis. Terong yang diseleksi ialah terong hijau4).

9. Gulai randuah

Gulai randuah terdiri dari bermacam berbagai materi penting. Materi- materi yang dipakai antara lain terong bundar, jengkol berumur, daun ketela pohon belia, kentang, kacang jauh, udang udang kecil, santan serta bumbu. Seluruh materi dijadikan satu serta rasanya amat menggugah selera4)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *