April 11, 2021

Ada Kellapate hingga Topak Ladeh yang Unik Lebaran di Madura

Ada Kellapate hingga Topak Ladeh yang Unik Lebaran di Madura – Tidak hanya sate, Madura memiliki berapa kuliner lokal yang dihidangkan kala hari Idulfitri. Mulai dari martabak, ikan, sampai kupat lezat yang istimewa.

Bersebelahan dengan pulau Jawa, Madura sering jadi kota mampir ataupun destinasi darmawisata kuliner. Santapan yang didominasi rasa payau serta pedas jadi karakteristik khasnya. Hidangan di hari lebarannya pula tidak takluk menarik.

1 Martabak Mihun

Di Madura, kemilan martabak mihun terkenal sepanjang bulan ramadhan serta di hari Idulfitri. Santapan yang satu tidak dibuat dari aci terigu, semacam martabak mayoritas melainkan memakai telur, dengan kombinasi aci bubur sagu.

Buat isiannya, martabak ditambah dengan mihun ataupun bihun yang tadinya telah dibumbui dengan bawang putih, serta bawang libur. Setelah itu martabak digoreng sampai renyah, walaupun tidak memakai kombinasi daging, santapan yang satu ini memiliki rasa enak serta komposisi renyah.

2 Air sagu Peddhis

Tidak hanya kupat, banyak keluarga di Madura yang menyuguhkan air sagu peddhis bagaikan persembahan Idulfitri di rumah mereka. Air sagu peddhis ini ialah bubur pedas, yang istimewanya tidak mempunyai rasa pedas serupa sekali.

Materi- materi yang dipakai buat membuat bubur ini mendekati semacam bubur yang lain. Ialah memakai beras, serta ditambah dengan kaldu jawi supaya rasa gurihnya lebih kuar. Sehabis matang, air sagu peddhis umumnya dikonsumsi dengan bagian daging jawi, telur dadar, sampai acar kuning. Tidak tertinggal bonus mie kuning yang mengenyangkan.

3 Air sagu Rojhek

Mendekati semacam air sagu peddhis, persembahan bubur yang satu ini pula sering populer di hari Idulfitri. Di mari bubur ditambahkan dengan berbagai macam topping mendekati semacam Rujak Madura, sampai kombinasi rasanya lumayan istimewa. Antara hangat enak bubur, ditambah pedas fresh dari rujak.

Karakteristik khas lain ada pada bahan rujak yang dipakai. Materi- materi yang dipakai terdapat dari kacang goreng, cabai, tomat, serta bahan petis Madura yang dihaluskan.

4 Topak Ladeh

Rasanya tidak komplit Idulfitri di Madura tanpa kedatangan topak ladeh. Persembahan ini berawal dari Bangkalan, serta biasanya dihidangkan pada Hari Raya Kupat tercantum Idulfitri. Sejenak bentuk topak ladeh mendekati semacam lontong ataupun kupat sayur.

Tetapi yang berlainan pada isian yang dipakai. Semacam sayatan daging, telur, sampai dalaman jawi. Banyak pula yang mengubahnya dengan daging ayam. Setelah itu kombinasi ini dihidangkan dengan bagian kupat, kemudian pelengkapnya terdapat sayur pepaya belia serta kacang jauh yang telah dikukus.

5 Kellapate

Tidak hanya persembahan daging serta ayam, banyak orang di Madura pula meningkatkan olahan ikan kellapate bagaikan menu istimewa di hari Idulfitri. Kellapate ini ialah persembahan dari bagian ikan tenggiri, yang dimasak memakai santan enak.

Terbuat dari bagian ikan tenggiri, santan, kemiri, jintan, kencur, belacan, sampai bawang. Rasanya enak serta nikmat, sesuai buat dimakan di hari Idulfitri dengan kupat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *