October 14, 2021

Bupati Garut Dorong Nasi Liwet Domba Menjadi Ikon Garut

generic-propecia– Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan nasi liwet domba harus terus didorong agar menjadi nilai jual wisata kuliner. Hal tersebut dapat memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Garut Jawa Barat.

Bupati Garut Dorong Nasi Liwet Domba Menjadi Ikon Garut

Bupati usai acara Forum Group Discussion Peningkatan Pengembangan dan Pembangunan Pariwisata Daerah di Pendopo Garut, Minggu (22/3) malam, mengatakan, “Banyak kuliner khas Garut, seperti nasi liwet domba yang menjadi ikon Garut.”

Ia mengatakan, Pemkab Garut telah mengidentifikasi lima makanan khas Garut yang menjadi daya tarik wisata kuliner, yakni nasi liwet domba, sate kambing, dodol, burayot, dan es goyobod. Menurutnya, makanan jenis ini merupakan ciri khas Kabupaten Garut dan bisa menjadi nilai jual bagi wisatawan yang datang ke Garut.

Bupati mengatakan: “Ada lima makanan khas Garut, salah satunya nasi liwet domba, dan tadi nasi liwet.”

Rahmat Hadi, Ketua Badan Promosi Pariwisata (BPPD) Kabupaten Garut, menambahkan pihaknya tidak hanya terus mempromosikan berbagai potensi wisata alam Garut, tetapi juga mempromosikan kulinernya. Menurutnya, jika menyangkut pariwisata yang memiliki potensi alam tentu perlu dikembangkan sektor lain yang terkait dengan industri pariwisata, yakni industri kuliner.

Ia mengatakan: “Harus ada keterkaitan dengan memasak untuk mendorong semangat baru di bidang pariwisata. Misalnya ada ACI untuk memasak bakso di Desa A, lalu ada rasa daging domba yang perlu di promosikan.

Jajang Riyadi, pemilik usaha nasi liwet domba, mengatakan produk masakannya sudah terkenal di masyarakat, bahkan ketika Garut dan pejabat pusat berkunjung, mereka malah meminta nasi liwet domba buatannya. Dikatakannya, nasi liwet domba yang menjadi simbol Kabupaten Garut selama ini banyak orang yang sangat mengenal cara memasak daging domba Garut yang dibuat berupa satai dan gule.

Jajang berkata: “Selama ini yang dikenal adalah satai domba, gule domba, dan sekarang ada nasi liwet domba, dan sudah banyak yang mengetahuinya.”

Dikatakannya, nasi liwet domba yang bercirikan bumbunya kemudian dicampur dengan potongan daging kambing yang memiliki rasa yang berbeda dengan nasi liwet yang biasanya menggunakan ikan asin. Jajang menuturkan, nasi domba ala Garut ini sudah dikembangkan kurang lebih 17 tahun sejak lama, namun kepopuleran makanan ini belakangan ini tercermin di berbagai acara.

pemilik usaha kuliner daging domba Bonita mengatakan: “Sudah berdiri selama 17 tahun dan baru diangkat sekarang. Awalnya kami berteman dengan masyarakat dan mereka mempermanis daging domba karena selama ini mereka kebanyakan menggunakan asin.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *