January 19, 2021

Cara Budidaya Belimbing Dewa Bikin Untung

Cara Budidaya Belimbing Dewa Bikin Untung

Dengan manfaatkan lahan kosong di pekarangan rumahnya, pria di Depok ini berhasil menanam belimbing dewa yang punya nilai ekonomis. Begini kisahnya.

Belimbing dewa disebut-sebut sebagai ikon kota Depok. Buah belimbing dewa punyai ciri khas, yaitu pada ukurannya yang condong lebih besar dan rasanya yang manis segar.

Tentu saja, belimbing dewa gampang ditemui di Depok. Bahkan di sana awalnya banyak terkandung lahan-lahan perkebunan belimbing. Namun, kini telah berkurang dikarenakan tergusur oleh pembangunan.Kini penduduk Depok pilih membudidayakan belimbing dewa manfaatkan lahan pribadi. Seperti yang ditunaikan oleh Mashud Fernando atau yang akrab dipanggan Bayong.

Bayong menyulap pekarangan rumahnya menjadi kebun belimbing. Lokasinya berada di kawasan kecamatan Pasir Putih, Depok. Kawasan tersebut memang terkenal bersama dengan perkebunan belimbing dewa.

“Jadi zaman dulu orang yang nanem ini kan orangtua kita. Kita hanya melanjutkan manfaatkan tanah-tanah berasal dari pekarangan tempat tinggal yang dimanfaatkan, ditanami buah belimbing,” ujar Bayong

Lebih lanjut, Bayong menyebut bahwa perkebunan belimbing dewa ini mampu punya nilai ekonomis. Mengingat jaman perputaran panen belimbing yang terbilang tak mengenal musim.

Bayong menjelaskan bahwa jaman panen buah belimbing dewa mampu direkayasa. Biasanya perputaran jaman panennya adalah tiga bulan sekali. Jadi, dalam setahun, mampu panen sebanyak tiga kali.

Meski begitu, perawatan kebun belimbing dewa ini terbilang rumit. Setelah panen, pohon belimbing mesti dibersihkan berasal dari gulma. Kemudian disemprot pestisida. Buah belimbing dapat tumbuh di batang hingga di ranting pohon.
Pekarangan Rumah Disulap Jadi Kebun Belimbing Dewa yang MenguntungkanPekarangan Rumah Disulap Jadi Kebun Belimbing Dewa yang Menguntungkan Foto: detikFood/Riska Fitria

Setelah tumbuh menjadi buah, buah tersebut mesti dibungkus manfaatkan plastik supaya tidak dimakan hama. Buah belimbing jadi dibungkus ketika ukurannya telah sebesar jari jempol tangan orang dewasa.

“Memang perawatannya juga sedikit rumit, dikarenakan benar-benar mesti cermat dan mesti ditunaikan secara seksama gitu. Karenanya mesti dibungkus, disemprot dan lain-lain,” tutur Bayong.

Setiap panen jumlah belimbing yang dihasilkan berbeda-beda. Itu tergantung bersama dengan ukuran pohon belimbing dan banyaknya jumlah pohon belimbing. Bayong sendiri punyai lebih kurang 20 pohon.
Pekarangan Rumah Disulap Jadi Kebun Belimbing Dewa yang MenguntungkanPekarangan Rumah Disulap Jadi Kebun Belimbing Dewa yang Menguntungkan Foto: detikFood/Riska Fitria

“Kalau seandainya pohonnya besar, konsisten aku punyai 20 pohon dan buahnya full, tiap tiap pohon mampu menghasilkan 2 kuintal. 2 Kuintal dikali 10 pohon mampu 2 ton,” tutur Bayong.

Hasil panen belimbing Dewa ini didistribusikan ke pedagang-pedagang buah. Bayong sendiri punyai tengkulak-tengkulak yang teratur menyita buahnya ketika panen untuk dijual.Ada tengkulak-tengkulak yang ngambil ke sini. Artinya pata pedagang-pedagang tradisional dan mereka dapat mendistribusikan ke pasar-pasar semua Jabodetabek,” ujar Bayong.

Untuk harga yang di tawarkan untuk satu kilogram belimbing dibanderol lebih kurang Rp 8.000 hingga Rp 12.000. Bayong juga melayani terkecuali tersedia orang yang menginginkan belanja perkilo bukan borongan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *