September 25, 2020

Ini 8 Kuliner Khas Palembang yang Enaknya Kebangetan

 

Palembang memanglah diketahui dengan kuliner pempeknya, hingga tidak bingung bila banyak orang yang menghasilkan pempek bagaikan bawaan kala bertamu ke Palembang. Tetapi nyatanya, terdapat kuliner yang lain yang pula lezat serta pantas kalian coba.

Penasaran apa saja? Selanjutnya 8 kuliner khas Palembang yang butuh kalian coba.

1. Kemplang

Mempunyai aroma semacam pempek, kalian harus berupaya renyah serta gurihnya kerupuk memukul. Berbahan dasar ikan, memukul ada dalam 2 tipe cocok cara pengolahannya. Terdapat memukul bakar serta goreng, yang penyajiannya dilengkapi dengan sambal mencelupkan.

Memukul umumnya berdimensi lumayan besar serta tebal. Buat memukul bakar mempunyai aroma khas bakaran dengan corak kuning kecokelatan di permukaannya. Harga memukul beraneka ragam terkait materi dasar ikan yang dipakai. Memukul yang dibuat dari ikan tenggiri umumnya lebih ekonomis.

2. Rusak Seribu

Tidak hanya memukul, Palembang memiliki kerupuk ikan istimewa bernama Rusak Seribu. Ukurannya lebih kecil serta pipih dibandingkan memukul. Sejenak rasanya semacam kerupuk ikan pada biasanya, tetapi metode penggorenganan Rusak Seribu yang buatnya istimewa. Kerupuk ditekan bagian tengahnya serta digoreng dalam minyak mendidih. Alhasil wujudnya menyamai mangkok dengan komposisi yang pecah di dataran luar. Inilah yang buatnya diucap dengan julukan kerupuk Rusak Seribu.

3. Salai Ikan

Seseorang bunda tengah menjemur ikan payau di area Cilincing, Jakarta Utara, Rabu( 9 atau 5). Penciptaan ikan payau di area itu buat penuhi keinginan di area Jabodetabek

Jika sepanjang ini kita bersahabat dengan sale pisang, di Palembang terdapat sale istimewa yang dibuat dari ikan. Pasti saja perasaan rasanya tidak manis, melainkan enak dengan aroma khas ikan asap. Salai ikan terbuat dari ikan gabus, patin, ataupun lais yang diawetkan melalui cara pengasapan.

Tetapi salai ikan ini Tidak dapat langsung dikonsumsi. Kalian wajib memasaknya dengan metode digoreng lazim ataupun dibumbui cocok hasrat.

4. Sambal Tempoyak

Jika mau bawaan khas Palembang yang bercita rasa istimewa, kalian harus coba sambal tempoyak. Sambal ini berbahan dasar durian lo. Kebayang kan aromanya semacam apa? Sambal tempoyak umumnya dijadikan sahabat makan pindang patin ataupun olahan ikan khas Palembang yang lain.

5. Kue Maksuba

Terdapat 2 kue istimewa khas Palembang yang terbuat dengan banyak kombinasi telur angsa, salah satunya kue maksuba. Terbuat berlapis- lapis, satu adukan kue maksuba menginginkan nyaris 30 biji telur angsa. Tetapi janganlah khawatir bau anyir, cara pemasakannya lumayan lama ditambah aroma harum mentega yang menyembunyikan anyir telur.

Kue maksuba umumnya dihidangkan dengan cara spesial buat momen khusus ataupun pengunjung martabat. Tutur‘ maksuba’ sendiri didapat dari bahasa wilayah asli yang mempunyai arti‘ penyampaian rasa segan’.

6. Lempok Durian

Sedang berbahan dasar durian, kalian dapat pula membeli lempok durian bagaikan bawaan. Wujudnya semacam jenang tetapi mempunyai perasaan rasa yang lebih manis serta manis. Ini diperoleh dari cara pemasakan yang lumayan lama dengan tungku kusen bakar. Rasa manis dipadu dengan aroma duriannya dipastikan buat ketagihan!

7. Engkak Ketan

Berpindah ke santapan konvensional, kalian harus mencoba legitnya Engkak Ketan. Bawaan khas Palembang yang satu ini mulai sulit dicari, cuma ada di sebagian gerai serta pasar konvensional. Materi bakunya merupakan kombinasi aci ketan serta santan, dengan komposisi berlapis- lapis menyamai limpit manis.

8. Kue 8 Jam

Bisa jadi kalian merasa abnormal dengan julukan kue itu. Walaupun sedemikian itu, kue ini amat lezat serta mempunyai rasa manis. Julukan” kue 8 jam” memanglah dicocokkan dengan cara pembuatannya yang menyantap durasi minimun 8 jam.

Tetapi sayangnya, kue khas Palembang ini mulai sulit dicari, sebab cuma dapat ditemui kala momen Idulfitri Idul Fitri. Nah, janganlah kurang ingat buat mencicipi kue 8 jam dikala mendatangi Palembang di hari Idulfitri Idul Fitri betul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *