November 1, 2020

Ketoprak, Santapan Enak yang Gampang Ditemui di Jakarta

Siapa tidak ketahui hendak santapan enak bernama ketoprak? Ketoprak ialah santapan berbumbu kuah kacang yang dapat dengan gampang ditemui di kota Jakarta. Rasa santapan ini amat enak. Menariknya, santapan ini pula amat segar serta biayanya lumayan terjangkau buat seluruh golongan.

Nyaris serupa dengan pecel di Jawa Tengah ataupun Jawa Timur, di Jakarta ketoprak jadi santapan yang telah menjamur serta digemari seluruh susunan warga. Ketoprak dibuat dari sayatan kupat serta tauge yang setelah itu disiram bahan kacang. Di sebagian pedangan, terdapat bonus materi lain yang membuat ketoprak terus menjadi enak. Materi itu antara lain bihun, telur, ketahui, taburan bawang merah goreng serta kerupuk.

Asal- usul Ketoprak

Banyak orang yang beriktikad kalau ketoprak berawal dari Betawi ataupun Jakarta. Cuma saja, tidak sedikit orang yang beriktikad kalau ketoprak berawal dari Cirebon. Sebagian orang pula mengatakan kalau ketoprak berawal dari Jawa Tengah. Cuma saja, sepanjang ini ketoprak sudah dipercayai bagaikan santapan khas Betawi.

Pemberian Julukan Ketoprak

Tidak hanya asalnya yang sedang dipertanyakan, julukan ketoprak ditaksir lumayan istimewa serta sedang menimbulkan rahasia tertentu. Sebagian opini mengatakan bila julukan ketoprak berawal dari kependekan kupat toge yang digeprak.

Tetapi, terdapat opini lain yang mengatakan bila ketoprak berasal dari seseorang laki- laki yang mau makan setelah itu membuat santapan dengan materi kupat, tauge, mie, bawang goreng serta ketahui goreng yang setelah itu diberi bahan kacang dihaluskan. Dikala makan sembari mempertimbangkan julukan buat santapan yang terbuat, sang laki- laki termenung sampai menjatuhkan piringnya serta menciptakan suara” ketuprak”. Laki- laki itu setelah itu berikan julukan santapan yang dibuatnya ini dengan julukan ketoprak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *