January 22, 2021

Kuliner Primadona Maluku Utara Gohu Ikan

Kuliner Primadona Maluku Utara Gohu Ikan – Jepang dikenal bersama beragam kulinernya yang buat nagih, juga yang makanan dari bahan mentah. Ternyata, tak cuma di Negeri Sakura, di Indonesia juga ada, terutama Ternate, Maluku Utara. Kuliner di Ternate sebenarnya banyak dipengaruhi oleh Maluku dan Sulawesi Utara. Terdapat kuliner yang sama bersama sashimi, yakni Gohu Ikan. Jangan tertukar bersama gohu yang merupakan makanan khas Sulawesi berbentuk rujak pepaya muda. Simak info lebih rincinya yuk!
Bentuk Menyerupai Sashimi

Gohu ikan ini memanfaatkan ikan tuna atau cakalang mentah sebagai menu utamanya. Gohu dihidangkan secara mentah agar masyarakat kerap menyebutnya bersama Sashimi Ternate. Sekilas kuliner ini tampak seperti daging cincang, tapi ternyata bahannya dari ikan yang dipotong berbentuk seperti dadu. Untuk menemukannya, Teman Traveler mampu pergi ke Pasar Gamalalama, Ternate.
Cara Penyajian yang Berbeda

Ikan Tuna atau Cakalang yang sudah dipotong dadu sehabis itu dicuci, sesudah itu dibaluri bersama garam dan perasan lemon. Kemudian ditambahkan daun kemangi di adonan tersebut, lantas didiamkan sebagian saat. Selagi menanti bumbu meresap, siapkan potongan bawang merah dan cabe rawit yang ditumis bersama memanfaatkan sedikit minyak kelapa. Setelah aromanya keluar, bumbu ini mampu langsung disiramkan ke daging ikan dan Gohu Ikan siap disantap. Karena bumbunya sudah dimasak dan tetap panas, gohu ikan tidak merasa seperti ikan mentah.
Tidak Terasa Amis

Gohu Ikan mempunyai rasa yang asam, segar, sedikit manis, dan mempunyai tekstur kenyal. Selain mempunyai rasa yang lezat, sajian ini juga aman sebab terbebas dari bahan penyedap dan pengawet. Gohu ikan umumnya disantap bersama papeda (bubur sagu), kasbi (singkong rebus), atau Huda (lempengan roti sagu). Kuliner Maluku Utara satu ini merupakan sajian yang mudah, murah, dan juga mempunyai rasa yang lezat. Selain itu, terkandung sayur seperti garu (tumis bunga pepaya) dibarengi bersama irisan mentimun dan biraru (kecipir).

Ternyata nggak cuma negara Jepang saja yang menyajikan ikan mentah untuk dikonsumsi. Teman Traveler juga mampu menemukannya di Ternate, Maluku Utara, ya. Bagaimana, apakah Teman Traveler tersedia yang sudah mencicipi Gohu Ikan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *