September 24, 2021

Kuliner Terbaru Aceh Yang Perlu Anda Coba

Kuliner Terbaru Aceh Yang Perlu Anda Coba

Kaya akan rempah, ternyata sebagian kuliner khas Aceh tersedia yang mendapat pengaruh berasal dari negara lain, seperti Arab, India dan China. Apa saja?

Aceh berada di Provinsi paling Barat Indonesia. Letaknya berbatasan segera bersama dengan Samudera Hindia dan Selat Malaka.

Maka tak heran, tersedia pengaruh berasal dari negara lain yang masuk ke Aceh. Mulai berasal dari agama, budaya hingga kuliner. Hal ini disampaikan didalam webinar bertajuk Ragam Rasa, Warisan Rempah didalam Kuliner Aceh, Senin (02/10).

Menurut Irma Ibrahim Kabid Sejarah dan Nilai Budaya Disbudpar Aceh, sebagian kuliner di Aceh tersedia yang mendapat pengaruh berasal dari India, Arab dan China.

Pada cita rasa kuliner Aceh berlangsung akulturasi berasal dari negara lain. Itu berawal berasal dari rempah-rempah yang dibawa oleh pedagang berasal dari Arab, India dan China.

Akulturasi itu berlangsung sebab letak Aceh yang strategis bagi rute pelayaran perdagangan dunia. Aceh pun selalu disinggahi oleh pedagang India, China, Eropa dan Persia sejak abad ke-15.
Berikut 5 kuliner Aceh yang mendapat pengaruh berasal dari India, Arab dan China.

1. Kari
kari di asiaakari ilustrasi Foto: iStock

Kari adalah kuliner Aceh berkuah santan. Di Aceh tersedia tidak cukup lebih 100 type kari yang tersebar di 23 Kabupaten Kota. Kari khas Aceh ini sanggup pengaruh berasal dari India.

Jenis kari diantaranya adalah kari kambing, kari ayam, kari sapi, kari kerbau, kari rusa, kari bebek dan tetap banyak lagi. Bumbu yang digunakan untuk memicu kari tersedia kurang lebih 20 type rempah.

Jenis rempah selanjutnya tersedia seperti ketumbar, pala, lada, kayu manis, cengkeh, bunga lawang/pekak, kapulaga, jintan dan tetap banyak lagi.

Maka tak heran kuah kari punyai cita rasa yang khas dan kaya akan rempah. Masing-masing type kari termasuk punyai cita rasa yang berbeda-beda.

Pada kuahnya tersedia yang dicampur bersama dengan bahan-bahan lain, seperti batang pisang, pisang, hingga nangka. Campuran itulah yang memicu kari khas Aceh punyai ciri khas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *