September 22, 2020

Mie Bancir Citarasa Mewah Khas dari Banjarmasin

Untuk para petualang serta penikmat kuliner yang luang menginjakkan kaki di Kota Seribu Bengawan, kuliner khas wilayah semacam Soto Alur, Kupat Kandangan, Bebek masak habang, Haruan baubar dan

Palai Patin bisa jadi telah sering di dengar di lidah, tetapi jika mengatakan kuliner jalanan semacam“ Mie Bancir”, bisa jadi sedang kira- kira asing di kuping. Walaupun kuliner berbahan dasar mie ini sudah lama jadi favorit warga Alur.

Mie Bancir ialah hidangan kuliner khas warga Alur dengan materi utama

mie kuning. Sebaliknya bahan dasar yang dipakai buat membuat kuahnya kurang lebih serupa dengan materi buat membuat persembahan Sop atau Soto Alur dengan ditambah saus tomat khas Alur.

Oya, bisa jadi terdapat beberapa warga non- Banjar yang kira- kira bimbang melainkan antara Sop Alur serta Soto Alur. Hanya data, sesungguhnya antara Sop Alur serta Soto Alur itu serupa saja. Kelainannya dalam penyajiannya saja. Diucap Sop( Alur) apabila menu dihidangkan dengan nasi serta diucap Soto( Alur) bila menu diasjikan dengan kupat atau lontong.

Buat penyajian, Mie Bancir yang original umumnya di kasih topping suwiran daging ayam desa, sayatan telur bebek, taburan bawang goreng, sayatan daun sop atau seledri serta sayatan limau kuit ataupun sitrus nipis.

Mengapa dipanggil Mie Bancir?

Bagi kamus Bahasa Alur, Bancir

maksudnya adalah

waria, bencong ataupun wadam. Penjulukan mie bancir merujuk pada bentuk kuliner yang satu ini kala disajikan di atas meja.

Sehabis matang, mie dihidangkan dalam kondisi separuh berair. Antara berkuah serta kering( orang Jawa menyebutnya, nyemek- nyemek). Dibilang berkuah, tetapi sebab kuahnya pekat serta tidak sangat banyak hingga sejenak semacam kering seperti mie goreng. Jadi kesannya setengah- setengah nama lain tanggung- tanggung. Penampakan yang nampak setengah- setengah inilah yang menimbulkan hidangan kuliner ini lebih sering di dengar diucap dengan Mie Bancir.

Mie Bancir, Kuliner Jalanan Khas Warga Banjar

Di Banjarmasin serta kota- kota lain di Kalimantan Selatan, hidangan kuliner Mie Bancir relative gampang diperoleh. Bagus di gerai kaki 5, warung ataupun di rumah makan yang memanglah dengan cara spesial menyuguhkan olahan Mie Bancir dengan bermacam olahan inovatif bagaikan turunannya.

Olahan hidangan Mie Bancir akhir- akhir ini terus menjadi berkibar, semenjak Agus Sasirangan putera asli Alur yang sepanjang ini diketahui bagaikan runner upprogram kegiatan tv Ahli Chef Indonesia session

mendirikan sebagian restoran Mie Bancir di Kota Banjarmasin serta Banjarbaru.

Semacam namanya, restoran Mie Bancir kepunyaan Agus Sasirangan ini menyuguhkan bermacam olahan Mie Bancir dengan bermacam versi inovatif bagaikan menu harapan, dismping bermacam hidangan kuliner khas Kalimantan Selatan yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *