October 29, 2020

Mie Lethek

Siapa yang tak mengerti mie lethek? Santapan khas jogja ini bisa jadi sedang asing di kuping, apa itu mie lethek? hayoo siapa yang penasaran? Untuk yang diluar jogja tentu bimbang apasih itu mie lethek tetapi untuk orang jogja udah perihal lazim? ok aku hendak menarangkan mengenai santapan yang satu ini. Mie lethek bukan mie kotor loh, lethek yang maksudnya kotor, janganlah salah duga dahulu. Mie ini terbuat dengan cara konvensional memakai materi natural tanpa materi pengawet serupa sekali. Upaya ini telah turun menyusut semenjak era dulu serta hingga saat ini sedang populer.

Mie ini terbuat memakai perlengkapan konvensional ialah jawi, mengerti jawi kan betul? binatang yang satu ini dipakai sebab ramah area. Mengapa tidak memakai mesin? Soalnya owner mie lethek ini memproduksinya di wilayah perkampungan, sebab khawatir mengganggu masyarakat setempat owner mie lethek memiliki ilham memakai jawi yang tidak memunculkan suara berisik apalagi pencemaran. Gimana metode kegiatan jawi? awal, jawi dikasih makan hingga kenyang kemudian sehabis kenyang serta sedia buat bertugas mata jawi mulai ditutup sebab jawi wajib berkeliling lalu menembus biar tidak pusing, jawi wajib memaras serta membuat adukan. Dapur buat memanggang adonanmasih memakai kusen bakar. Pengeringan mie lethek sedang memakai cahaya mentari serta wajib dijemur sepanjang 18 jam.. Cara pembuatan mie lethek yang istimewa jadi energi raih tertentu untuk wisatawan.

Apa sih materi dari mie lethek sendiri? materi dari mie lethek merupakan kombinasi dari aci ketela pohon serta gaplek alhasil rupanya nampak lethek semacam namanya. Mie lethek ini semacam mie bihun hanya kelainannya komposisi mie lethek lebih elastis dari mie bihun. Tidak semacam mie bihun yang dijual dipasar tradisonal ataupun swalayan. Metode pembuatannya juga serupa dengan mie bihun terdapat yang digoreng serta terdapat yang direbus. Bahan buat membuat mie lethek juga pula simpel ialah bawang putih, kemiri, garam, serta lada. Bila mau lebih nikmat lagi dapat ditambahkan dengan suwiran ayam serta telur angsa.

Untuk yang terkini mengikuti janganlah tergiur dengan namanya walaupun namanya mie lethek tetapi rasanya dipastikan buat ketagihan. Mie ini terbuat amat higenis, bersih serta dipastikan halal. Untuk peminat santapan nama lain peminat kuliner harus nyoba santapan yang satu ini dipastikan tak cedera kenapa. Serta untuk para turis yang lagi liburan dijogja wajib nyoba ini jika enggak nyoba akan cedera deh. Harga satu jatah mie lethek ini merupakan Rp 10. 000 ekonomis kan amat sesuai bikin mahasiswa- mahasiwi serta pula sesuai yang lagi ngekos. Haraganya…Wow ekonomis sekali!! Udah ekonomis, bersih, ramah area, halal pula. Dimana lagi dapat nemuin santapan semurah ini jika bukan di jogja. Jogja memang eksklusif!!!

Dimana dapat nemuin tempat mie lethek? mudah, kamu dapat nemuin di sejauh wilayah Bantul lebih persisnya gerai“ Mie lethek Bantul Mbah Mendes” yang terletak diSorobayan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Yogyakarta. Kamu dapat menikmati mie lethek diwarung ini. Untuk yang rumahnya bukan wilayah Bantul hening tak wajib jauh- jauh tiba ke Bantul karenawarung mie lethek mbah mendes ini pula terdapat cabangnya didaerah Jalan. Ring Road Utara( sisi utara Lotte Mart ataupun barat Sekolah Menengah Kejuruan(SMK)), Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Mie lethek pula dapat dibawa kembali ataupun dihidangkan dirumah dengan harga Rp 8. 000 atau kg. Untuk yang sedang penasaran gimana metode pembuatannya ini nih terdapat jalan keluarnya dapat tiba ketempat pembuatan langsung esok akan diliatin dari cara dini pembuatannya hingga dengan hasil kesimpulannya, di Desa Parang, Dusun Trimurti, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul Yogyakarta. Gerai ini buka dari jam 17. 00 hingga 22. 00. Aman berupaya serta menikmati mie lethek!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *