September 22, 2020

Nasi Tutug Oncom Khas Sunda

 

Jika Kamu penggemar darmawisata kuliner konvensional, restoran Bale Gazeeboe di Jalur Surapati Nomor. 49 ini hendaknya masuk dalam catatan harus menyambangi bila Kamu berangkat ke Bandung. Lokasinya benar di melintas Alun- alun Gasibu, dekat Bangunan Sate.

Di mari ada 3 menu nasi konvensional Sunda yang pantas dicoba: nasi tutug oncom komplet, nasi timbel bakar komplet, serta nasi kastrol.

Kita coba nasi tutug oncom dahulu. Sejenak bentuknya tidak berlainan dengan nasi timbel lazim. Tutug merupakan bahasa Sunda, maksudnya melembutkan.

Nasi tutug oncom artinya nasi aduk oncom yang telah ditumbuk. Semacam namanya, kombinasi penting nasi ini merupakan oncom( kacang tanah yang difermentasi).

Cara pembuatannya 2 langkah. Awal, beras ditanak dahulu hingga jadi nasi. Kemudian nasi itu dicampur dengan oncom plus bahan rempah yang lain.

Setelah itu nasi bahan itu dibungkus daun pisang kemudian dikukus. Wujudnya mendekati lontong.

Kelainannya, pada pembuatan lontong, pembungkusan dicoba semenjak berupaberas.

Pada nasi tutug oncom, pembungkusan daun pisang dicoba sehabis nasi matang.

Pada paket komplet, nasi tutug oncom ini dihidangkan bersama lauk standar. Isinya ayam goreng, ketahui, tempe, perkedel, sambal, serta tidak kurang ingat lalapan.

Tidak hanya lalapan standar berbagai timum, tomat, labu siam, kemangi, serta pakcoi, di mari pula terdapat lalapan daun tespong.

Ini lalapan khas Sunda yang saat ini tidak lagi gampang ditemukan. Daun tespong mendekati daun seledri, tetapi aromanya khas serta lebih kokoh.

Nasi tutug oncom nyatanya dapat dikonsumsi tanpa lauk apa juga sebab memanglah telah memiliki bahan.

Rasanya enak oncom dengan aroma kencur. Butiran nasinya di tengah- tengah antara pulen serta kersai. Tidak empuk tetapi pula tidak liat, elastis dikala digigit.

Sebungkus nasi tutug oncom porsinya cocok buat satu orang. Mengenyangkan buat makan siang ataupun makan malam.

Menu harapan kedua, nasi timbel bakar. Wujud luarnya mendekati dengan nasi tutug oncom. Cara pembuatannya juga mendekati.

Sehabis matang, nasi dicampur dengan bahan yang isinya antara lain bawang daun, cabe hijau, selederi. Tidak terdapat oncom di mari.

Sehabis dibungkus, nasi timbel ini tidak dikukus, tetapi dipanggang.

Pada paket komplet, nasi timbel bakar ini pula dihidangkan bersama lauk standar. Serupa semacam nasi tutug oncom, nasi timbel bakar pula nyatanya dapat dikonsumsi tanpa lauk apa juga sebab memanglah nasi ini telah enak. Gurihnya mendekati nasi uduk, tetapi tidak terdapat faktor santan di mari.

Menu harapan ketiga, nasi kastrol. Nasi ini mendekati nasi liwet. Dimasak memakai perlengkapan konvensional, namanya kastrol. Perlengkapan ini berbentuk kuali besi dengan susunan tebal sebab memanglah dikhususkan buat meliwet nasi.

Cara pembuatannya pula mendekati dengan pembuatan nasi liwet lazim. Beras ditanak di dalam air hingga matang, tidak terdapat cara pengukusan dengan uap panas.

Pada cara peliwetan, beras dicampur dengan bahan serta rempah. Ini yang melainkan dengan nasi liwet lazim. Bumbunya mendekati nasi timbel bakar. Sebab telah berbumbu semenjak dini, sedemikian itu matang, nasi kastrol pula dapat dinikmati tanpa lauk, semacam nasi tutug oncom serta nasi timbel bakar.

Rasa enak bumbunya menyerap ke dalam butiran nasi sebab memanglah cara pemberian bumbunya semenjak berbentuk beras.

Nasi kastrol ialah menu khas konvensional Sunda yang saat ini tidak gampang ditemui lagi di perkotaan. Kastrol saat ini telah tergusur, takluk oleh kuali serta rice cooker listrik. Umumnya perlengkapan ini cuma dipakai di kampung- kampung di Sunda.

Satu kastrol nasi dapat disajikan buat 4 orang. Komplit dengan lauk serta lalapan, biayanya Rp100. 000,-.( Maksudnya, per orang Rp25. 000,-).

Harga nasi tutug oncom komplet ataupun nasi timbel bakar komplet pula tidak beda jauh. Dekat Rp20. 000- an per orang.

Tidak hanya menu konvensional di atas. Bale Gazeeboe pula memiliki menu harapan, ialah ikan hiu bakar.

Tidak semacam namanya yang bengis, ikan hiu dagingnya halus. Tetapi menu ini tidak senantiasa ada, terkait cadangan.

Seporsi biayanya cukup mahal, Rp60. 000,-. Maklum, ikan hiu memanglah susah diterima. Bagaikan minumannya, kita dapat berupaya juice ABG( ciptaan Anak Bale Gazeeboe), es gadis bandung, ataupun juice 3 corak. Seluruh menyehatkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *