November 1, 2020

Odading : Nama Lain Odading di setiap daerah

Perihal ini pula berefek pada pemasaran odading Mang Sholeh yang lokasinya dekat Pasar Kosambi. Saat ini pedagang kaki 5 ini sering diantre konsumen. Antreannya apalagi hingga mengular! Seluruh orang penasaran dengan buatan odading viral ini.

Menilik asal- usulnya, odading nyatanya tidak cuma terdapat di Bandung, namun pula di banyak wilayah lain di Indonesia. Ivan Lanin, dokter bahasa yang aktif di Twitter menguak catatan julukan lain odading di banyak kota.

“Variasi nama:

  • Bolang-baling (Semarang)
  • Galundeng (Yogya)
  • Gembukan (Solo)
  • Golang-galing (Banyumas)
  • Gondang-gandung (Magelang)
  • Kue bantal (Jakarta)
  • Kue bohong (Medan)
  • Kue untuk-untuk (Banjarmasin)
  • Odading (Bandung)
  • Roti goreng (Malang)

Apa namanya di tempatmu?”

Odading Mang Sholeh yang ViralFoto: galangan. detikFood atau Siti Fatimah

Terkini, beliau kembali menaikkan catatan julukan odading. Antara lain semacam selanjutnya:

– Bakhomri( Arab)

– Beignet( Prancis)

– Brot goreng( Manado)

– Godho roti( Sidoarjo)

– Mandel( Gresik)

– Montor( Blitar)

– Oliebollen( Belanda)

– Roten( Tegal)

Cuitan Ivan Lanin ini menemukan banyak atensi netizen sampai digemari serta dibagikan balik oleh ribuan netizen. Juga alas komentarnya dipadati asumsi netizen.

Banyak yang terkini ketahui dengan banyaknya julukan lain odading ini. Terdapat pula yang bimbang melainkan artikulasi baling- baling serta galundeng. Misalnya,@krisna_byu yang mengatakan odading bagaikan baling- baling. Beliau menguasai jika galundeng tidaklah odading, tetapi roti goreng lain.

” Saya bagaikan orang Banyumas kadangkala bimbang serupa wujudnya baling- baling, terdapat pula disini menyebutnya galundeng. Wujudnya terdapat yang persegi kecil, persegi jauh, kotak besar,” jawab@Gondill_.

Ditelusuri detikFood, baling- baling memanglah seragam dengan odading. Cuma saja permukaannya kadangkala ditambahkan lebih banyak wijen putih. Kue ini dideskripiskan Wikipedia mempunyai kulit luar yang kira- kira renyah serta bercorak cokelat belia.

Sedangkan galundeng diucap bagaikan baling- baling tipe Banyumas. Bentuknya seragam, walaupun terdapat pula yang buatnya mendekati onde- onde dengan sisian merekah.

Netizen@zulfikarrifaldy lalu berikan bonus pengetahuannya.” Jika di Makassar, roti goreng yah namanya pula roti goreng. Tetapi kalau diamati teksturnya odading itu seperti kemilan yang namanya” Banyak orang”. Tetapi metode bikinnya beda. Kalau diliat metode bikinnya itu seperti kemilan yang namanya Deppa Tori( khas Toraja atau Enrekang),” tulisnya.

Beda lagi dengan artikulasi odading di golongan warga kaum Alur, Kalimantan Selatan.@Falah_Riedl berkata,” Kaum Alur di Kalsel bilangnya kue( wadai) buat… Di wilayah kita wadai buat ini terdapat yang isinya inti( parutan kelapa aduk gula merah), kacang tanah, kacang hijau, serta pisang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *