September 22, 2020

Rahasia Memasak Gudeg yang Nikmat

Gudeg diucap bagaikan salah satu santapan konvensional Indonesia yang dimasak sangat lama. Pembuatan gudeg apalagi lebih lama dari rendang, ialah dapat menggapai 18- 24 jam. Buat memperoleh rasa manis yang nikmat, memasak gudeg memerlukan ketelatenan serta ketabahan ekstra.

Gudeg merupakan olahan nangka belia dengan santan yang ditambahkan dengan gula merah ataupun gula Jawa serta beberapa bahan dapur yang lain. Dalam pengolahannya, gudeg dimasak dengan lalu diaduk. Ini pula yang jadi asal ide julukan gudeg yang berawal dari hangudeg yang dalam bahasa Jawa berarti diaduk- aduk.

Ketabahan jadi kunci memasak gudeg.

” Ini santapan yang sangat lama dimasak dapat hingga 18- 24 jam supaya bumbunya berpadu. Dimasak dengan api kecil alhasil wajib adem,” tutur chef Bontot Pemimpin Wibowo pada CNNIndonesia. com, sebagian durasi kemudian.

Buat memperoleh rasa yang nikmat, materi yang dipakai haruslah materi yang fresh serta bermutu. Seleksi nangka yang sedang belia buat memperoleh komposisi yang gampang digigit.

Bahan gudeg semacam daun asli, daun damai, lengkuas, bawang merah, bawang putih, serta kemiri yang pula wajib fresh. Maanfaatkan pula santan serta gula merah yang bermutu.

Gudeg Ceker Bu Kasno, gudeg di Solo yang buka pada jam 01. 30 dini hari hingga jam 07. 00 pagi. Gambar: Donatus Fernanda Putra

Gudeg Ceker Bu Kasno, gudeg di Solo yang buka pada jam 01. 30 dini hari hingga jam 07. 00 pagi.

” Bahan wajib segar. Kala sedang fresh rasanya hendak jauh lebih nikmat, luar lazim,” cakap laki- laki yang bersahabat disapa Chef Bontot itu.

Gudeg pada biasanya telah dapat dinikmati kala dimasak dekat 5 jam. Tetapi, buat memperoleh rasa yang banyak serta pula kuat lama, memasak gudeg dapat sampai 24 jam.

Rasa serta komposisi gudeg dapat diatur dalam cara memasak. Buat memperoleh rasa yang manis semacam gudeg Yogyakarta, gula Jawa harus lebih banyak. Kebalikannya, gudeg dengan rasa enak menekankan pada jatah santan serta garam yang lebih banyak semacam gudeg Solo.

Komposisi gudeg yang berair ataupun kering pula dapat ditakar dengan jumlah santan serta air dan lama memasak.

Gudeg yang telah matang akan senantiasa abadi dikala ditaruh di temperatur kamar serta dipanaskan.

” Gudeg dapat kuat hingga satu bulan. Terus menjadi lama, terus menjadi lezat tingkatannya, rasanya terus menjadi berganti, aku senang bila telah kerap dihangatkan,” cakap Bontot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *