September 22, 2020

Resep Sate Maranggi yang Legit dan Nikmat

 

Banyak orang yang jatuh batin hendak keenakan Sate Maranggi. Apalagi dikala Kepala negara Joko Widodo melaksanakan biro di Korea Selatan, persembahan khas Purwakarta inilah yang jadi persembahan makan siang bersama para CEO dari Negara Kolesom itu. Tidak hanya itu Sate Maranggi pula turut dan di World Street Food Congress, Filipina, serta jadi salah satu dari 8 jajanan kaki 5 kesukaan bumi tipe CNN. Idiosinkrasi Sate Maranggi memanglah tidak lagi diragukan. Sate ini mempunyai citarasa yang sedemikian itu kokoh sebab bahan rendaman yang digunakan saat sebelum sate terbakar. Alhasil tidak butuh dibantu dengan saus kacang bagaikan curahan. Lalu gimana asal ide Sate Maranggi? Tidak banyak orang yang ketahui, bila Sate Maranggi nyatanya mempunyai asal usul jauh yang menarik buat disimak sebab mempunyai akulturasi dari faktor adat, agama, dan geopolitik. Bagi Chef Haryo Pramoe pada KompasTravel, Kamis( 19 atau 5 atau 2016), Sate Maranggi ialah hasil peleburan dengan adat Cina. Haryo sendiri populer bagaikan chef yang memahami kuliner Indonesia serta pula penggagas Indonesian Food Channel. Beliau mengatakan Sate Maranggi sesungguhnya berawal dari para pendatang lapangan Cina yang berdiam ke Indonesia spesialnya di wilayah Jawa Barat ataupun para pendatang yang hidup di tengah- tengah warga Sunda. Oleh sebab itu, lanjutnya, awal mulanya Sate Maranggi sesungguhnya bukan dibuat dari daging jawi ataupun kambing semacam saat ini ini, melainkan terbuat dari daging babi. Salah satu gejala Sate Maranggi berawal dari Cina sebab bahan rempah yang dipakai Sate Maranggi serupa benar dengan daging kering babi serta daging kering ayam yang dijual di Hongkong, Cina, serta Taiwan. Setelah itu Sate Maranggi beralih bentuk.” Terjalin peleburan, dimana terjalin kemajuan adat. Anutan Islam masuk, banyak masyarakat yang berlatih Islam serta jadi mualaf, dipaparkan bila babi tabu setelah itu berganti jadi daging jawi. Ini merupakan wujud kemajuan kultur,” kata Chef Haryo yang sempat memasak Sate Maranggi di World Halal Food Pergelaran di Ning Xia, Cina tahun 2014. Tidak hanya Sate Maranggi, Chef Haryo serta para periset dan pengarang novel pula berkata bila sesungguhnya banyak formula santapan di Indonesia yang meresap formula makanan Cina. Makanan- makanan ini aslinya mengunakan daging babi.” Terdapat bakso, bakpao, bakmi, tutur ba sesungguhnya berawal dari tutur babi. Santapan itu sesungguhnya amat gampang meresap dalam sesuatu adat. Namun cocok kemajuan serta anutan agama Islam yang kokoh di Indonesia, santapan pula membiasakan. Hal klaim mengklaim santapan itu sesungguhnya telah berunsur geopolitik,” kata chef sosoknya tidak asing lagi di layar tv.

Bahan- bahan

Bango Kecap Manis Pedas

Royco Kaldu Sapi

500 gram daging sapi

5 lembar daun pepaya

1 sdm gula merah

2 sdm air asam jawa

5 sdm Bango Kecap Manis Pedas

½ sdt Royco Kaldu Sapi

½ sdt cabai bubuk

2 sdm minyak sayur

2 siung bawang putih

5 biji bawang merah

1 centimeter jahe

1 centimeter lengkuas

1 sdt ketumbar butiran

Materi pelengkap

5 sdm Bango Kecap Manis Pedas

2 sdm bawang merah goreng

Metode membuat sate maranggi

1.Balut daging yang telah dipotong dadu memakai seluruh daun pepaya. Kemudian, diamkan sepanjang 30 menit supaya benyek.

2.Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, jahe serta lengkuas.

3P.anaskan minyak dengan api lagi. Kemudian, tumis bahan yang telah dihaluskan sampai wangi serta matang.

4 .Aduk daging dengan bahan yang telah ditumis, tambahkan air asam jawa, cabai, Royco Kaldu Jawi, sedikit minyak serta gula merah. Campur sampai teraduk datar, kemudian diamkan 1 jam sampai bahan menyerap.

5.Tikam sate dengan tikam sate.

6.Bakar sate memakai grilling pan. Balurkan Kecap Bango Manis Pedas Enak ke atas daging serta bakar lalu sampai matang.

Formula makanan Indonesia berbentuk sate maranggi sedia terhidang.

7.Suguhkan Sate Maranggi dengan taburan bawang merah serta ditemani sambal kecap.

Makanan bermutu memanglah menginginkan pemodalan durasi yang pula tidak sedikit, tetapi hasilnya nyata hendak memuaskan semua keluarga! Mudah- mudahan formula Sate Maranggi ini dapat membuat kamu bergairah menggali banyak kekayaan kuliner Nusantara yang lain. Aman berupaya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *