January 23, 2021

Santapan Siang Nikmat “Gom Lade” Khas Riau

Santapan Siang Nikmat “Gom Lade” Khas Riau   – Pulau Sumatera sesungguhnya terlalu tenar dengan kuliner yang menggugah selera. Terutama di Kepulauan Riau yang sedari dulu sesungguhnya punyai banyak sajian khas yang terlalu kental unsur Melayu-nya.

Bahkan di daerah selanjutnya bahan basic cabe rawit, cabe keriting, cabe merah dan bumbu dengan nuansa pedas jadi selamanya tidak ketinggalan jadi bahan masakan yang mesti dibeli dipasar. Terbukti masakan pedas dapat membuat nafsu makan kami bertambah, meskipun pedas, selamanya dambakan disantap bukan?

Namun, siapa sangka tersedia satu masakan khas orang melayu Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau yang terlalu menggugah selera makan yaitu menu “Lade Gorom” atau sambal ikan tongkol salai. Tetapi terlalu berlainan dengan sambal ikan lainnya, hal itu karena ikan tongkol yang dimasak di salai atau diasapkan khususnya dahulu.

Itulah yang membuatnya jadi ciri khas makanan orang pesisir Anambas. Maka dariitu, Kepulauan Anambas terlalu tenar dengan hasil lautnya yang berlimpah. Ikan-ikan yang segar terlalu enteng ditemukan, lebih-lebih orang-orang zaman dulu sebelum saat terdapatnya mesin pendingin, banyak langkah untuk mengawetkan ikan sehingga tidak cepat busuk atau terbuang.

Menyalai atau diasapkan merupakan salah satu langkah mereka untuk menaruh ikan dan dapat dijadikan bahan masakan untuk keesokan hari. Biasanya warga kerap kali menyalai ikan gunakan sabut kelapa dan nantinya bara api yang dihasilkan berlainan dengan kayu.

Sabut kelapa dapat menghasilkan asap yang lebih banyak dan tidak hingga membuat ikan hangus terbakar jika tersedia angin berhembus kuat. Untuk membuat Gom Lade sangatlah mudah.Berikut langkah membuatnya:

Bahan-bahan:

Ikan TongkolBawang MerahBawang PutihCabe RawitMinyak GorengGaram SecukupnyaMicin SecukupnyaGula sesuai seleraProses:

Ikan tongkol salai disuir-suir. Lalu, bumbunya seperti bawah merah, bawang putih dan cabe rawit ditumbuk halus atau diblender. Setelah itu ditumis dengan minyak panas. Sambil diaduk, masukkan ikan tongkol suir hingga rata. Jangan lupa, tambahkan garam dan micin. Bagi yang tidak dambakan terlalu pedas, dapat beri tambahan sedikit gula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *